Contact

Model Pembelajaran PAKEM

No Comments

MODEL PEMBELAJARAN PAKEM
Model PAKEM adalah model pembelajaran yang bertumpu pada empat prinsip, yaitu: aktif,  efektif, dan menyenangkan. Model pembelajaran ini sangat cocok untuk kurikulum 2004 berbasis kompetensi yang senantiasa berorientasi pada aktivitas siswa (student centered learning). Model ini dapat dikembangkan secara sederhana oleh guru dengan memperhatikan prinsip PAKEM.
                  Model PAKEM berorientasi pada proses dan tujuan. Orientasi proses dalam model PAKEM berusaha untuk meningkatkan motivasi belajar. Kemandirian dan tanggung jawab dibina sejak awal. Kebersamaan dan bekerja sama untuk mengasah emosional. Persaingan yang sehat ditumbuhkan dengan saling menghargai satu sama lain serta menumbuhkan sikap kepemimpinan. Orientasi tujuannya adalah agar anak belajar lebih mendalam, anak lebih kritis dan kreatif, suasana belajar menjadi bervariasi serta meningkatkan kematangan emosional. Tidak kalah pentingnya anak siap menghadapi perubahan dan berpartisipasi dalam proses perubahan.

      1.   Makna Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan
                        Tampaknya untuk memaknai aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan masih terlalu abstrak. Beberapa pendidik masih kabur dengan makna ini. Meskipun untuk memaknai istilah tersebut pernah didiskusikan oleh para pendidik, namun bukan berarti makna ini sudah paten. Makna tersebut masih perlu dikembangkan lagi sesuai dengan kondisi yang sesungguhnya. Dalam diskusi itu, dapat disimpulkan sebagai berikut:
a.       Aktif
-          Selalu mencoba
-          Tidak ingin menjadi penonton
-          Memanfaatkan modalitas belajar (visual, auditorial, atau kinestika)
-          Penuh perhatian dalam setiap proses pembelajaran
b.      Kreatif
-          Menginginkan adanya perubahan yang baru
-          Ingin mengadakan inovasi
-          Mempunyai banyak cara untuk melakukan sesuatu
-          Tidak cepat putus asa
-          Tidak mudah puas dengan hasil kerjanya dan selalu ingin berbuat terus
-          Menumbuhkan motivasi, percaya diri, dan kritis
-          Mempunyai banyak cara
c.       Efektif
-          Memanfaatkan alat peraga yang ada di sekitar
-          Diajak ke sumber belajar, melakukan observasi
-          Memanfaatkan waktu yang ada
-          Memanfaatkan rangkuman yang tepat
-          Mengoptimalkan panca indera
-          Mengatur stategi pembelajara
d.      Menyenangkan
-          Penampilan guru yang menarik
-          Suasana belajar tidak searah
-          Kaya dengan metode
-          Desain kelas yang tidak membosankan
-          Belajar sambil bermain dan bernyanyi
-          Hasil belajar anak dipajang di kelas
-          Didekatkan ke alam nyata
Ada penghargaan bagi yang berprestasi
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.